Cari Blog Ini

Selasa, 04 Desember 2012

Promosikan Produk,Web Dan Blog Dengan Facebook Marketting Gratis


Menemukan tempat yang baik untuk menampilkan produk anda secara gratis di dunia online adalah impian bagi semua orang - Facebook telah membuat ini menjadi kenyataan. Dengan setengah miliar pengguna Facebook dan ribuan komunitas online. Facebook telah membawa pelanggan potensial lebih dekat dengan Anda.

Bukanlah rahasia besar bahwa Facebook dapat membantu Anda dalam pemasaran online..Namun, sebagian orang menganggap bahwa hanya mendaftar di Facebook itu sudah cukup untuk mendapatkan semua keunggulan yang telah disediakan oleh facebook..Itu tidak cukup.

Ada banyak lagi yang harus anda ketahui untuk memaksimalkan pemasaran di Facebook dari sekedar membuat profil, Menjaga fans anda terlibat ke dalam dunia anda di facebook adalah kuncinya.  Pada artikel ini, saya akan
memberitahu Anda bagaimana Anda dapat menggunakan media Facebook untuk meningkatkan basis pelanggan Anda serta mempertahankan yang Anda miliki !
Hadirkan Diri Anda di Facebook
1. Facebook Profile:
Dengan membuat sebuah profil anda sendiri atau bisnis Anda, sebenarnya Anda sedang membangun identitas diri Anda. Dengan ini, facebook akan menghubungkan diri anda dengan sesama pengguna dan dalam posisi yang berbeda. Profil Anda memungkinkan Anda berinteraksi dengan orang-orang pada catatan pribadi, lebih-lebih apabila profil anda mengenai bisnis lokal. Berikut adalah beberapa aspek dari suatu halaman profil :
  • Gambar Profil
Untuk profil yang dapat dipercaya gunakan gambar yang paling bagus dan sesuai dengan apa yang ingin anda kembangkan. Ini sama halnya ketika kita menilai buku. Sebelum kita membeli buku saja hal yang pertama kali dilihat adalah sampulnya sebelum melihat penulisnya. Hal ini justru banyak orang yang tidak memperdulikannya. Foto asal-asalan sebenarnya malah merusak brand bisnis kita. Untuk itu tentukan gambar atau desain terbaik anda untuk dipasang di gambar profil.
  • Tambah Teman
Setelah membuat profil, jangan menunggu hal ajaib akan langsung terjadi. Banyak hal lain yang perlu dipermak lebih cantik. Tambahkan teman baru setiap hari minimal 10-15 orang. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan lebih dari 25 – 30 orang per hari, sebab jika anda melakukannya bisa-bisa akun anda dihapus dari facebook karena alasan spamming.
  • Menulis di Wall/Dinding
Ini adalah platform utama Anda untuk berinteraksi dengan pengguna Facebook.Pesan posting di dinding dan juga berkomentar tentang kegiatan anggota merupakan inti dari kegiatan “facebooking”, meskipun, hanya dengan kata-kata singkat asalkan menjual pasti banyak teman-teman anda yang minat atau paling tidak peduli dengan catatan anda. Jalin komunikasi melalui dinding anda secara harmonis dan hindari melecehkan orang lain sebab jika teman anda tersinggung malah teman anda akan memblokir atau melaporkan akun anda.
  • Foto Album dan Video
Foto dan video adalah cara yang bagus untuk menampilkan koleksi terbaru dari produk Anda. Koleksi foto atau video seharusnya menampilkan yang bagus-bagus saja. Foto yang kurang menarik justru akan membuat orang yang melihat akan merasa bosan dan tidak betah berlama-lama di akun anda. Jadi jangan anggap remeh foto atau video di facebook ini. Kalau bisa foto produk anda telah di edit baik dengan photoshop atau coreldraw. Pokoknya buat orang yang lihat itu betah berlama-lama foto-foto produk anda.
2. Fan Pages
Facebook Pages, yang dikenal sebagai Fan Pages, sengaja dirancang untuk bisnis, merek, perusahaan, produk dan selebriti. Hal ini memungkinkan tokoh masyarakat, organisasi dan entitas lain untuk menciptakan kehadiran brand mereka kepada masyarakat publik di Facebook.
Anda dapat mendorong pengguna untuk menjadi penggemar halaman Anda dan berbagi informasi dengan mereka melalui menampilkan gambar, video, update status, diskusi dan kiriman dinding. Berbeda Profil Facebook, Halaman yang terlihat untuk semua orang di internet dan umumnya lebih baik untuk hubungan jangka panjang antara Anda dengan penggemar atau pelanggan.
3. Grup
Grup Facebook memungkinkan orang untuk datang untuk mengekspresikan pandangan mereka. Salah satu keunggulan dari fitur facebook adalah mampu untuk mengirim pesan langsung ke inbox anggota Facebook. Ini cara yang bagus untuk membentuk sebuah komunitas dan membantu citra merek Anda.
Saat ini, merupakan suatu keharusan bagi organisasi, pengusaha, entrepreneur, motivator, instansi sekolah dll. untuk membangun kehadiran mereka di Facebook. Hal yang baik di sini adalah bahwa Anda dapat mengirim atau mengundang massal ke teman Anda.
4.  Acara
Sederhananya, fitur acara yang disediakan facebook dapat membantu Anda terhubung dengan audiens tertarget. Acara dapat dibuat secara individual atau bahkan dari Profil, Halaman. Yang saya suka dari Facebook bahwa memberikan kita pilihan antara membuat acara umum dan pribadi. Ini tentunya sangat memudahkan kita dalam memilih teman yang bisa kita ajak dalam suatu acara tertentu
Next : Cara Penggunaan Facebook Untuk Pemasaran Online (Marketing Online)
Social Media Marketing masih dalam masa pertumbuhan. Saya menganggap ini sebagai sebuah keuntungan karena tidak ada aturan yang tertalu ribet dalam mengatur penggunanya. Anda dapat mencoba & bereksperimen dengan metode & teknik yang berbeda. Namun, jika Anda tidak ingin bereksperimen, berikut adalah beberapa mencoba dan menguji metode yang akan menjamin kesuksesan bisnis anda:
1. Jadikan Produk Anda Yang Terunik
Tidak ada yang lebih membosankan daripada halaman Facebook yang biasa-biasa saja dan tidak dirawat. Memberikan nilai tambah pada produk justru akan lebih menyenangkan untuk pengembangan bisnis Anda. Jika memungkinkan, cobalah untuk membuat aplikasi hanya untuk halaman Anda.yang menawarkan sesuatu yang berbeda sehingga mereka terus ingin kembali, bukannya membiarkan mereka menunggu update dari Anda. Paling tidak dalam 1 hari harus ada informasi produk terbaru atau sekedar mengulas keunggulan-keunggulan produk yang anda tawarkan. Pokoknya jangan biarkan teman-teman atau pengunjung anda datang dan pergi dengan cepat dari akun anda.
2. Gunakan Gambar Profil Besar:
Siapa bilang ukuran tidak penting? Menggunakan gambar profil yang besar adalah salah satu cara terbaik untuk membangun branding halaman Facebook anda. Facebook memungkinkan gambar hingga 200pix x 600pix untuk digunakan sebagai gambar profil Halaman. Dengan cara ini, produk anda akan terlihat sangat menonjol di facebook.
3. Tag Fans Dalam Foto
Anda dapat menandai penggemar Anda dalam gambar koleksi terbaru, atau bahkan meminta mereka untuk menge_tag diri anda, dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang benar-benar punya popularitas seperti artis atau musisi. Ini akan mendongkrak publisitas karena setiap hasil tagging akan muncul pemberitahuan.
4. Berikan Reward Untuk Pendukung Loyal
Mendorong pendukung setia untuk bergabung dengan Page anda merupakan bentuk ikatan yang saling menguntungkan. Misalnya, anda ingin membuat teman anda lebih aktif lagi dalam page facebook anda tidak ada salahnya jika sekali-kali anda berikan hadiah kecil untuk mereka yang sudi berbagi dengan anda.
5. Gunakan Kontes dan Polling
Dengan mengadakan kontes akan mendorong penggemar untuk berinteraksi secara langsung dengan Anda. Misalnya, produk yang anda tawarkan adalah “Produk Obat Herbal”, sekali-kali anda bisa adakan kontes seperti review produk herbal anda atau membuat suatu desain banner untuk produk anda. Nah, yang paling bagus bisa anda beri hadiah sepantasnya. Cara seperti inilah yang akan membuat pelanggan lebih dekat dengan kita. Disamping itu, ternyata pengguna facebook juga banyak yang suka dengan kegiatan seperti ini.
6. Mengintegrasikan Plugin Facebook Sosial untuk Situs Anda
Khususnya blog atau web yang berbasis wordpress telah banyak plugin yang diciptakan oleh para pakar untuk menfasilitasi penggunanya. Dengan plugin ini anda bisa menampilkan lencana di situs anda sehingga pengguna facebook akan lebih mudah dalam menyukai halaman anda. Cara seperti ini ternyata terbukti ampuh menjaring pelanggan sebab biasanya orang lebih mudah menemukan website dari pada akun facebook. Dan ternyata ini sangat membantu ketika keduanya diintegrasikan.
Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan pemasaran produk melalui facebook gratisan. Anda bisa cari-cari di google tentang cara memaksimalkan facebook untuk menjual barang.
Mungkin lain kali akan saya lanjutkan lagi mengenai facebook marketing. Sebab saya juga sedang mempelajari situs sosial gratisan ini yang mana sudah banyak yang merasakan efek positifnya dari facebook. Khususnya untuk penjualan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar